Assalamu’alaikum. Apa kabar sahabat literasi? Semoga tetap semangat untuk berkarya ya! Beberapa waktu lalu saya berniat untuk mengadakan event kepenulisan lagi di 2014 ini. Tentu saja ini bukan event pertama yang saya adakan, sebelumnya sudah dua lomba menulis yang terselenggara pada 2012 lalu. Nah untuk kali ini saya sengaja memilih tema yang menurut saya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari pasangan suami-istri yang seatap dengan mertua.

Ide ini muncul saat saya menghadiri sebuah acara dan tertarik dengan topic yang tengah dibahas oleh moderator beserta peserta yang hadir kala itu. Tema yang mereka angkat ialah “Rumah Surga Bersama Mertua”, ternyata ada banyak dari mereka yang mengeluh dan merasa keberatan saat harus tinggal seatap bersama mertua dikarenakan beberapa sebab atau masalah tertentu. Berbagai kisah, konflik, dan intrik-intrik lainnya mewarnai diskusi sore itu. Memang, seorang menantu seringkali merasa tertekan ketika harus tinggal bersama mertua.

Nah sekarang saatnya kalian mengungkapkan apapun mengenai pengalaman kalian saat harus seatap dengan mertua. Bagaimana menciptakan kedamaian dalam satu atap tanpa harus meratap. Perasaan terjajah, terintimidasi, atau justru termuliakan kah? Masalah atau anugerah apa yang hadir ketika serumah dengan mertua. Yukk berbagi pengalaman yang inspiratif. Dan, tulisan-tulisan sahabat nantinya akan dikumpulkan dalam sebuah antologi berjudul #RumahSurgaBersamaMertua

Tulisan yang berpeluang besar untuk lolos ialah yang sarat makna, inspiratif, dapat memberikan pencerahan, juga bermanfaat bagi pembaca.

Cara ikutan:

      1. Para peserta tidak dibatasi usia dan juga latar belakang apa pun(diutamakan yang sudah menikah, bagi yang belum tapi mau ikutan juga diperbolehkan...)

      2. Silakan buat 1 tulisan curhat dengan gaya penulisan sebebas mungkin. Temanya tentang pengalaman kalian saat harus tinggal seatap bersama mertua(based on your true story)

      3. Gunakan bahasa yang ringan

      4. Lomba ini dibuka mulai tanggal 20 Februari 2014 dan ditutup pada 29 Maret 2014, pukul 21.00 WIB

      5. Pastikan ada unsur inspiratif, menggugah, menguras air mata, ada nilai moral yang bermanfaat bagi yang membacanya, dan hal-hal positif lainnya.


      6. Format naskah: ketebalan 1-2 halaman ukuran A4, Times New Roman size 12, spasi 2 (ganda), justified (rata kanan kiri) 

      7. Ketik judul dan nama kamu(boleh menggunakan nama pena) di halaman pertama sebelum isi tulisan. Jangan lupa sertakan biodata singkat kamu setelah isi tulisan. Body email biarkan kosong.

      8. Judul file naskah: (Nama kamu)_(judul tulisan). Contoh: Bianglala Hijrah_ Pondok Mertua Indah

      9. Judul email: #RumahSurgaBersamaMertua

      10. Kirim tulisan kamu dalam bentuk attachment/sisipan file ke : yusniaagussaputri@ymail.com

      11. Peserta boleh mem-follow Twitter @bianglalahijrah dan diwajibkan berteman dengan akun facebook Penerbit Soega (Tidak diwajibkan berteman dengan saya, karena akun pertemanan saya sudah penuh. Atau sahabat bisa klik ‘ikuti’ saya di facebook agar sahabat bisa tetap menandai saya di info lomba yang telah dicopas.)

      12. Untuk yang sudah mengirim naskahnya bisa langsung konfirmasi ke dinding facebook saya atau melalui inbox fb : Putri An-Nissa Nailathul Izzah bisa juga via twitter @bianglalahijrah. Cukup tulis “Saya sudah ikutan lomba nulis RSBM”

      13. Untuk update peserta lomba bisa dilihat di blog Bianglala Hijrah (http://yusniaagussaputri.blogspot.com/)

      14. Peserta diwajibkan untuk mencopas info lomba ini ke note facebook masing-masing, kemudian tag/tandai minimal 21 teman dan maksimal 25 teman fb termasuk akun fb saya dan Penerbit Soega. (Lebih banyak menandai akan menjadi poin tambahan penilaian bagi juri.)

      15. Satu peserta hanya boleh mengirim 1 tulisan.

Penjurian:

      1. Penjurian dilakukan 1 April sampai 20 April. Pengumuman hasil lomba pada 22 April.
      2. Akan dipilih 50 tulisan inspiratif untuk diterbitkan dalam antologi  #RumahSurgaBersamaMertua
      3. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

REWARD :

1. Naskah Terbaik Satu ; Mendapatkan 1 sampel antologi #RumahSurgaBersamaMertua beserta 1 eks buku Berkisah Pada Angin (Karya Saya)
2. Naskah Terbaik Dua ; Mendapatkan 1 sampel antologi #RumahSurgaBersamaMertua beserta 1 eks buku Berkisah Pada Angin (Karya Saya)
3. Naskah Terbaik Tiga ; Mendapatkan 1 sampel antologi #RumahSurgaBersamaMertua beserta 1 eks buku Berkisah Pada Angin (Karya Saya)
4. SERTIFIKAT/PIAGAM untuk seluruh peserta tanda bukti keikutsertaan akan dikirim bersama pesanan buku
5. Sewaktu-waktu hadiah untuk para pemenang/peserta bisa bertambah. Doakan rezeki saya lancar dan bertambah juga. Aamiin…


Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa melalui inbox fb. Yukk persiapkan naskahmu dari sekarang. (^_^)9

2 Komentar

  1. thema yang sangat baik min. sayang jmlh halnya terlalu singkat. tapi tetap ok kq! slm literasi ;)

    BalasHapus
  2. Hehehe, iya ni. Soalnya kalau kebanyakan halaman, kasihan yang nyeleksi plus ngeditnya entar. Takut teler naskah kayak tahun lalu. :)

    BalasHapus

Assalamu'alaikum. Terima kasih sudah singgah dan membaca tulisan di Blog saya. Semoga bisa memberikan manfaat. Jangan lupa tinggalkan jejak baik di kolom komentar. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya. Ditunggu kunjungan selanjutnya :)