Bismillah, hari ke-delapan BPN 30 Day Blog Challenge dengan tema yang semakin bikin greget. Tema hari ini untuk mengulas 5 barang yang selalu ada di tas pribadi. Langsung senyum-senyum sendiri. Membayangkan seperti apa isi tasku sebenarnya. Baik tas punggung yang kukenakan ketika kuliah maupun backpack untuk bepergian. Isinya sih bisa dipastikan berbeda. Yang satu alat tempur untuk mengerup ilmu. Yang satunya lagi alat tempur untuk mendulang capture dan ide sepanjang travelling. Meski begitu, tetap ada kesamaan karena beberapa diantaranya menjadi barang wajib bawa.

Penasaran apa saja yang jadi barang wajib bawa di ranselku? Let's check it out!!!

1. Buku [Baik Buku Bacaan, Maupun Buku Tulis]

Nah ini harus kutaruh di deretan paling teratas. Mengapa? Di postingan ini 5 Fakta Paling Rahasia Tentang Diri Sendiri aku sudah menjelaskan bahwa buku bagai separuh jiwaku. Saking wajibnya, dulu pernah digelar kutu buku yang di mana ada aku di situ ada buku. Sepertinya status setelah menikah dan menjadi seorang ibu tak juga melengser kedudukan barang yang satu ini.

Meski setelah menjadi ibu, tadinya sempat berisi printilan perlengkapan anak ketika Aidan masih bayi. Seperti pampers, minyak telon, tisu basah, dll. Tetapi buku tetap ada di antara mereka sebagai satu yang tak tergantikan.

Begitu pun saat travelling. Pede saja bawa buku bacaan maupun buku catatan saku, yang bertujuan untuk mencatat hal-hal penting yang jadi brainstorming ketika menulis nantinya. Buku bacaan? Meski kadang malah nggak sempat baca kalau pas lagi dolan ke mana, tetapi bukan berarti nggak bermanfaat. Sesekali foto sama buku juga menarik loh. Ala-ala muslimah yang sedang serius membaca dan tetiba seorang fotografer tampan *bacasuami sedang diam-diam mengabadikan potret muslimah tersebut :D Hahaha, lambaikan senyum ke kamera.

Pokoknya ini jadi satu barang wajib yang selalu ada di dalam tas, ke manapun dan kapan pun.

2. Minyak Kayu Putih, Freshcare, Obat-Obatan dan sejenisnya

Mengapa ini jadi barang wajib? Aku mudah sekali sakit kepala ketika berada di suatu tempat yang terlalu terik atau dingin. Setidaknya barang yang satu ini bisa meredakan perasaan tak nyaman yang ada di kepala, pundak, maupun leher ketika sedang bepergian. Kuliah pun demikian. Kalau seharian keforsir untuk fokus ke dosen di depan kelas, pulangnya nggak jarang disapa migrain.

So, ini jadi barang wajib bawa dan selalu ada di tas.

3. Face Mist dan Bedak Tabur

Sebagai seorang wanitahh, muslimah yang tetap peduli dengan penampilan diri, ini juga jadi barang wajib bawa. Terlebih kalau lagi bepergian dan stok bedak yang menempel di wajah sudah terkikis debu dan keringat. Setelah wudhu bisa touch up lagi meski cuma nepukin bedak tabur ke muka yang sebelumnya disemprot face mist biar nggak kusam. Belakangan aku suka pakai face mist yang kebetulan dikasih gretongan hasil endorse di Instagram @bianglalahirah_yang beraroma therapy. Terbukti kalau pas panas-panasan, lagi gerah, kulit mulai merah, semprotin face mist bisa sedikit lebih fresh dan mereda.

Aslinya aku bukan tipikal perempuan yang suka dandan, yang wajib banget kudu pakai printilan make up di wajah. Dari pada harus pakai make up, aku lebih memilih untuk rutin dan telaten ke skincare. Selain jaminan kulit sehat, bersih dan terawat.. nggak harus juga menghabiskan waktu lebih lama di depan cermin :)

Biar nggak polos-polos banget, langganan bedak dari masih bocah ke gadis sampai setelah menikah yaitu bedak tabur Baby. Tahu kan produk yang satu ini? Setelah punya anak pun bedaknya samaan sama anak. Untuk pelembab, sunblock, dan nutrisi kulit aku percayakan pada skincare yang aku pakai. Selebihnya cukup cuma olesin lipstik matte ke bibir tipis-tipis. Karena cantik nggak harus menor kan ya? Cantik nggak harus pakai make up. Kembali ke pilihan masing-masing. Karena pada dasarnya perempuan suka yang indah-indah dan suka berpenampilan cantik. So keep beauty, Muslimah. But say no to tabarruj, right? ;-)

4. Dompet, Charger, Kamera

Kalau dompet sudah tahu kan ya isinya apa saja? Selain uang, kartu ATM, e-KTP, struk belanja atau bill rumah makan tertentu.. pasti nggak jauh-jauh lah dengan benda familiar yang mengisi dompet setiap orang pada umumnya.

Charger handphone maupun kamera juga jadi bawaan wajib. Supaya bisa antisipasi kalau sewaktu-waktu kita perlu mencharge ulang kapasitas baterai yang melemah. Sebenarnya bisa pakai power bank, tetapi untukku benda yang satu ini jadi jarang berguna karena seringnya lupa ngisi. Nggak jarang nyempil di suatu tempat yang tak diketahui begitu sedang akan digunakan. Jadi charger tetap jadi hal wajib yang efisien :)

Kamera oh camera. Tanpamu bagaimana bisa perjalanan ini terekam sedemikian indah dalam capture-capture yang diambil di setiap sudut tempat yang dikunjungi. Selain suka nulis dan travelling, photography menjadi dunia yang begitu asyik kutekuni. Lensa kamera membantuku untuk menangkap angle tak biasa yang kadang tak tampak jika hanya dilihat melalui mata telanjang manusia. Ada banyak hal menakjubkan yang bisa kamu abadikan lewat lensa kamera. Nggak harus kamera mahal kok, karena seni photography tergantung siapa yang mengambil gambar bukan semahal apa kameranya.

So, ini juga jadi barang wajib bawa untukku ^_^

5. Al-Qur'an dan Mukena Praktis untuk Shalat

Yang terakhir ini menjadi  sangat perlu untuk dibawa, kenapa? Di setiap jengkal perjalanan kita muara akhirnya tetap yang Maha Kuasa. Ada 5 waktu khusus yang tak boleh terlupa meski seasyik apapun kita saat bepergian. Sisihkan waktu berkualitas pula dengan Allah.

Self reminder juga nih sebenarnya. Membawa dua barang ini sebenarnya jadi barang pokok dari semua bawaan ya. Jadi bisa sebagai pengingat setiap saat ketika membuka tas, bahwa ada kewajiban yang tak kalah penting yang tetap harus ditunaikan sebagai seorang muslim.

Mengapa bawa mukena? Apa nggak ribet? Sekarang kan sudah banyak beredar mukena lipat yang kemasannya simpel dan ringan untuk dibawa ke mana-mana. Juga tidak menghabiskan banyak ruang di dalam backpack. Dari harga yang cukup terjangkau sampai masuk ke kategori mahal. Walau mungkin tiap masjid dan mushola saat ini menyediakan mukena khusus di dalamnya untuk dikenakan siapa saja yang hendak menunaikan sholat.

Tetapi tak bisa dipungkiri bahwa tak sedikit dari mukena-mukena tersebut yang kurang terawat, kurang bersih, bahkan bau. Demi kenyamanan diri sendiri dan tetap khusyuk ketika shalat, nggak ada salahnya kita membawa mukena sendiri yang terjamin kebersihannya. Bisa jadi pengingat lagi nih, mungkin mukena-mukena itu butuh relawan yang siap mencuci bersih atau menggantikan mukena yang mulai tak layak pakai dengan mukena baru. Khusus untuk masjid maupun mushola di tempat-tempat yang dikunjungi maupun yang ada di sekitar kita. Tertarik? :)

__

Nah, dear muslimah. Ini jadi 5 point wajib yang berhasil aku list dan bagikan di sini. Semoga bermanfaat untukmu ya. Selain ini pasti tetap ada barang lain yang wajib bawa terlebih untuk seorang perempuan yang punya siklus haid setiap bulannya. Pembalut juga bisa jadi satu diantaranya, untuk berjaga kalau tiba-tiba tamu itu datang di waktu tak terduga. Selain itu, kamu juga bisa bawa baju ganti kalau berniat untuk menginap dan tinggal di tempat tujuanmu selama beberapa hari.

Dari sini, sudah punya gambaran barang-barang penting apa saja yang bisa kamu bawa ketika travelling atau mungkin bepergian ke suatu tempat dalam rangka lain? Semoga bermanfaat yaa dear muslimah.


#30DayBlogChallenge
#BloggerPerempuan
#Day8

***************************

Copyright : @bianglalahijrah
Magelang, 27 November 2018
picture by : Google Search

0 Komentar