Bismillah... 
Tak terasa hari ini adalah tanggal terakhir di kalender 2013. Alhamdulillah, hingga detik ini Allah masih memberikan begitu banyak hikmah dan nikmat yang tak terkira. Ada banyak hal yang telah kualami di masa duapuluh tahun usiaku, yang akan bertambah satu angka lebih tua di usia 21 tahun pada 7 Agustus 2014 mendatang. Entah itu suka, duka, pengalaman baik atau bahkan pengalaman buruk sekalipun. Semua masih terangkum dalam memori otak dan buku diaryku.

Bagiku tak ada pengalaman buruk yang hanya sisi negatif saja yang kita dapatkan, justru dari pengalaman buruk itu lah kita dapat belajar untuk mengambil sesuatu hal baik sebagai pembelajaran. Yaps! Pembelajaran untuk bisa lebih baik. Pembelajaran untuk tidak jatuh di jurang kebodohan yang sama. Pembelajaran untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Tak ada yang sia-sia dari semua kejadian yang kerap kita alami. Semua hal tersebut tentu memiliki hal baik atau ibrah untuk kehidupan kita. Hanya saja... kita lah yang terkadang belum dapat membaca hikmah yang tersirat atau tersurat dari semua kejadian tadi. So, mungkin kita lah yang harus jeli dan tetap berprasangka baik pada ketetapan yang Allah berikan.

Bahagia rasanya, karena Allah memberikan hidayah agar dapat senantiasa menabur kebaikan dan manfaat sejak aku memutuskan untuk hijrah dari tanah kelahiranku, hijrah dari masa jahiliyahku pada 2011 silam. Indahnya skenario yang telah Allah berikan untuk hidupku. Alhamdulillah... :)

Dan semua pencapaian yang telah kucapai selama ini tentu tak lepas dari doa beserta kontribusi orang-orang yang sayang kepadaku dan yang aku sayangi. Suami, orangtua, adik-adik, my best friend, my family, dan ia yang senantiasa kurindu. Baik itu dengan cara mensupport atau mungkin menyediakan sarana, saran, serta jalan yang memudahkan langkahku. To me, without them ... I'm a nobody. Thank you to all of you, especially all those who become loyal readers for me. Yang sudah sudi membeli buku-buku karyaku, dan tak lelah memberi masukan untukku agar terus berkarya lebih dan lebih baik lagi. :)

Dengan bangga, bahagia, serta rasa syukur yang tak habis-habisnya. Sengaja kutulis daftar pencapaian yang telah kucapai di 2011-2013 sebagai motivasi. Sebagai pembelajaran serta cambuk agar terus menjadi sosok muslimah yang bermanfaat dengan sifat tawadhu dan istiqamah yang tetap menghiasi akhlak diri. Aamiin Allahumma Aamiin. 

* Yang utama, karena berhasil keluar dari tanah kelahiranku, hidup mandiri di tanah rantau, sukses menyelam di universitas kehidupan yang tak ada habisnya. Pencapaian terbesar karena ada begitu banyak pengalaman berharga di masa-masa petualanganku sejak 2011 silam.
* Allahu Akbar!!! Secara tak sengaja Allah mempertemukanku dengan banyak orang yang juga tengah berjuang di tanah rantau, dan dari mereka lah aku belajar memahami Islam lebih baik. Tepat pada Juli 2011, Allah memberikan hidayah-Nya dengan meneguhkan hatiku untuk mengenakan hijab bukan hanya saat akan bepergian ke kondangan, acara formal, DLL. Melainkan konsisten di kehidupan sehari-hari. Meski sempat dicemooh, tapi tak apa! Untuk jadi orang baik pasti ada saja hambatannya.
* Mengunjungi tempat-tempat di belahan Sumatra yang lain. Menemukan begitu banyak ilmu yang bertebaran di tempat-tempat tersebut. Ini yang aku impikan sejak kecil. Alhamdulillah telah terwujud meski belum semua tempat yang kukunjungi, setidaknya ada jejak-jejak langkahku di sebagian tempat yang pernah kusinggahi :)
* Kuliah! Meski pada akhirnya harus mengalah pada suami untuk menyelesaikan pendidikannya lebih dulu. Sebelumnya congratulation untuk my hubby yang beberapa bulan lagi akan menggandeng gelar S. Kom di belakang namanya. Selamat ya, Pak. Tak sabar menanti detik-detik bahagia itu :)
* Target ini kutulis sejak 2007, dan Allah memberikan jalan hingga mengabulkan impian ini di Juli 2012. Yaps! Karyaku berhasil lolos di sebuah lomba kepenulisan yang kemudian dibukukan, nggak kebayang betapa senangnya waktu itu. Siapa sangka, belasan buku lainnya terus terbit memenuhi daftar buku-buku karyaku. Alhamdulillah!!! ^_^
* Target ini kutulis pada Maret 2011, dan Allah mengabulkannya pada Agustus 2012. Menikah tanpa pacaran. Dan pacaran setelah menikah. Syukran Rabb, telah Kau pertemukan aku dengan sosok imam yang sholeh, sabar dan begitu qanaah atas diriku. Menggantikan yang buruk dengan yang jauh lebih baik. :')
* Dari kelas 3 SD aku ngebayangin pengen ngunjungi daerah-daerah yang ada di Indonesia, termasuk nginjakin kaki di Candi Borobudur salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Magelang yang pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia. Siapa sangka, justru Allah memberikanku kemudahan untuk mengunjungi tempat-tempat lain yang tak kalah hebatnya. Dan itu setelah menikah, bersama sang suami tentunya. Travelling ke beberapa tempat meski hanya sekitar pulau Jawa. Tetapi, semoga suatu saat kami bisa mengunjungi tempat wisata yang ada di negara lain. Aamiin, seperti keinginan sang suami. :)
* Februari, 2013 hingga saat ini. Aku dilantik sebagai salah satu kader di sebuah PAUD. Tercapai juga keinginan untuk menyalurkan minat, manfaat, juga kecintaan kepada anak-anak, para generasi emas.
* April 2013, bersama sang suami mulai merintis usaha fotokopian, ATK dan aksesoris. Keinginan ini sudah kami rencanakan sejak awal menikah. Syukran, Rabb! Akhirnya bisa punya bisnis sendiri :)
* April 2013. Buku solo perdanaku terbit. Akhirnya punya buku solo juga. Meski tetap berkecimpung di dunia antologi. :)
* Juli 2013 mengirim kedua adikku untuk mondok di Malang, Jawa Timur. Barakallah, Sandi dan Hardi. Jagoan-jagoanku yang bandel, semoga bisa jadi Hafidz ya!! Semoga bisa jadi Ustadz sang penerus dakwah Nabi. Semoga ilmumu barokah, serta dapat menyelamatkan kedua orangtua kita kelak di yaumil hisab. Jadilah anak-anak yang sholeh. Calon ikhwan-ikhwan sejati yang tampan lahir bathin. Aamiin Allahumma Aamiin. :)
* Oktober, 2013. Karyaku mulai masuk dan lolos di penerbit mayor. Yeayy, bahagianya karena buku yang memuat karyaku bisa beredar di toko buku nasional. Alhamdulillah... 
* Pada akhirnya, setelah susah payah nabung aku bisa beli laptop dengan jerih payahku sendiri. Hehehe, si jadul yang pernah setia menemaniku menulis hingga lembur tiap malam. Maaf jadul, kamu jadi koma karena chargermu nggak sengaja kurusak :(
***
Apa lagi ya? Nggak ingat. Yang jelas, dari semua pengalaman yang pernah ada. Ilmu dan ibrah lah yang menjadi emas juga harta karun yang mahal harganya. Tak ternilai, tak bisa dihargai dengan apapun. Lagi-lagi, skenario Allah sungguh indah. Alhamdulillah. Bapak, Mamak.. Bahagialah karena takdir mengarahkan kami untuk bisa mengenal-Nya lebih baik meski melalui pengalaman pahit bersama kalian :)
 
Untuk suami tercinta. Jangan pernah bosan menasehatiku agar menjadi sosok yang lebih baik lagi untukmu, untuk para orangtua kita, untuk keluarga, untuk semuanya. You're the best hubby. :) 
 
Untuk teman-teman, selamat merayakan tahun baru masehi. Semoga lembaran baru di hari esok akan menjadikan diri kita lebih baik dan terus lebih baik dari hari ke hari, dari waktu ke waktu. Semangat dan tetap menebar kebaikan dan manfaat. Aamiin.

0 Komentar