Hampir satu tahun pandemi melanda, sebagian besar orang tentu memiliki perubahan drastis pada pola hidup yang dilalui dalam sehari-hari. Bahkan memasuki awal tahun 2021, daerah Jawa maupun Bali juga kembali memberlakukan PSBB ketat sejak tanggal 11 lalu hingga 25 Januari mendatang. Tak dipungkiri, kehadiran pandemi mempengaruhi seluruh lini dan banyak sektor.

Di waktu seperti ini, kita akan lebih menghargai waktu bebas yang sebelumnya dimiliki namun sekarang menjadi lebih terbatas.

Sebelumnya kita mungkin bisa bepergian ke mana saja tanpa rasa was-was dan keharusan menjaga diri satu sama lain dari adanya kontak fisik. Saat ini lebih banyak rutinitas hingga pekerjaan yang dikerjakan dari rumah. Untuk ibu-ibu yang dalam keseharian sudah disibukkan dengan pekerjaan domestik, masih harus membersamai putra-putri dalam pembelajaran daring selama pandemi masih berlanjut.

Dari pusat perbelanjaan, fasilitas umum, dan kegiatan sosial budaya juga dibatasi. Di Magelang tak sedikit destinasi wisata yang menjadi sepi pengunjung. Bisa dibilang, sebelum kehadiran pandemi, Magelang menjadi tujuan destinasi para tourist lokal maupun mancanegara dengan banyak opsi yang bisa didatangi. Dari destinasi budaya, alam, hingga pada pusat perbelanjaan. Bak bunga yang sedang mekar-mekarnya, banyak orang berbondong-bondong untuk mengerubuni berbagai destinasi wisata yang marak saat ini dan sering menjadi viral.

Semakin lama mendekam di rumah dengan rutinitas yang itu-itu saja, tentu wajar jika kita mulai membayangkan bisa plesir ke daerah yang hendak dituju. Liburan bersama keluarga dengan berbagai hal yang akrab di dalamnya. Hal-hal yang kini mulai mendatangkan rasa rindu. Berikut tujuh moment yang akan kita rindukan tentang aktivitas traveling, siapa tahu kamu juga merasakannya :) 

1. Bucket list, mau ke mana kita?

Menjelang akhir pekan, tanggal merah di hari-hari nasional, bahkan libur panjang di akhir tahun.. setiap orang akan mulai merencakan waktu liburannya akan ke mana. Karena pandemi, kita jadi tak bisa ke mana-mana selain piknik tipis di rumah atau spot terdekat. Bahkan, awal tahun tadi ada video viral seorang bocah SD yang diamini banyak orang. Alih-alih bercerita tentang pengalaman berliburnya, si bocah justru curhat sebab libur akhir tahun kemarin dia dan keluarga tak berlibur ke mana-mana. Lagi-lagi karena corona ya. Menatap bucket list yang bahkan belum terealisasi sebelum si pandemi datang, mungkin akan membuat kita belajar menghargai waktu yang dimiliki di kesempatan kemudian. Untuk saat ini, cukup menjadi catatan di buku saku.. semoga setelah pandemi berlalu bisa segera diwujudkan ya. Stay safe!

2. Backpack dengan printilan barang bawaan

Jika hendak bepergian apalagi agenda traveling yang akan menempuh jarak cukup jauh dengan waktu yang mungkin tak sebentar. Tentu kita perlu mempersiapkan bekal-bekal penting yang diperlukan sepanjang perjalanan nanti. Sangat menyenangkan sekali bisa menyiapkan perbekalan dan segala printilan yang harus dibawa. Membayangkan akan sampai di tempat tujuan dengan perjalanan yang menyenangkan saja sudah membuat kita begitu bersemangat bukan? Check si backpack dan sepatu yang hari ini menganggur bahkan berdebu. Sayang sekali ya, but stay healthy! Pandemi pasti berlalu.

3. Icip-icip kuliner setempat dan bercengkrama dengan penduduk asli sekitar destinasi

Meski saat ngetrip, tak jarang kami membawa bekal sangu makanan dan minuman dari rumah.. sesekali kami juga melipir untuk mencicipi kuliner setempat di area wisata maupun kota yang didatangi saat itu. Bisa bercengkrama dengan warga lokal dan tak jarang beroleh informasi menarik, tentang apa-apa saja yang sedang viral dan menjadi khas di kota tersebut langsung dari penduduk lokalnya loh. Wah, jadi rindu blusukan nih! Ada banyak pengalaman, pengetahuan, dan pemahaman yang didapat dalam satu paket perjalanan. 

4. Memanjakan mata dengan keindahan dan panorama yang alam sajikan

Aku dan keluarga pecinta destinasi alam. Tak bosan-bosan untuk melipir sejenak ke tempat wisata yang menyuguhkan berbagai keindahan alam dengan bonus spot foto menarik atau instagramable. Dari view gunung, perbukitan, perkebunan teh, sampai ke pantai. Need vitamin sea pleaseee, kalau mau jumpa laut, dari Magelang kami harus bertolak ke Jogja. Pantai selalu membuat rindu ya. Tiba-tiba terbayang bagaimana rasanya diterpa angin laut, mendengar debur ombak, duduk bersama menikmati bekal yang dibawa sembari bercengkrama di tepi pantai. Pantai selalu menjadi candu .. beruntung yang tempat tinggalnya berdekatan dari kawasan pantai :D 



5. Hunting foto dan menyalurkan minat fotografi

Salah satu alasan mengapa traveling menjadi hobby yang saat ini diminati banyak orang dari berbagai kalangan, selain karena sebagai konten untuk sosial media seperti Instagram, Tik Tok, dan lain sebagainya.. ternyata ada kesenangan tersendiri saat bisa membagikan foto berlibur yang didapat usai traveling. Adanya sosmed juga menjadi keuntungan sendiri untuk pihak tempat wisata maupun homestay, karena mudah untuk menyebarkan informasi berkaitan dengan tempat-tempat yang sedang viral dan aestetik sekali untuk dikunjungi. Untuk pecinta fotografi, hunting foto saat traveling adalah hal wajib yang tak dapat dipisahkan. Mengabadikan moment dengan mata kamera memiliki nilai lebih tersendiri. Aku sendiri juga pecinta fotografi 😍

6. Perjalanan, rasa lelah, dan langit sore di penghujung hari

Saat bersama suami menikmati langit sore dari teras rumah yang kebetulan berhadapan langsung dengan view gunung, tiba-tiba saja suami mengutarakan rasa rindu dengan sensasi yang diperoleh tiap kali melakukan perjalanan jauh. Walau perjalanan selalu menghadiahi rasa lelah setelahnya, ada sensasi yang terekam manis. Bagaimana suasananya, panoramanya, langit sore yang beranjak petang, menikmati rasa lelah hari itu dengan isi pikiran yang seakan berdialog sendiri sepanjang perjalanan. Banyak hal yang dapat dibicarakan sembari menikmati perjalanan menuju arah pulang. Moment yang kurindukan adalah langit sore dan suasana petang sepanjang dari Jogja kembali ke Magelang. Warung-warung makan yang mulai buka di malam hari. Keramaian lalu lintas yang dipenuhi cahaya lampu dari masing-masing kendaraan. Pokoknya ada nuansa yang sulit dijelaskan setiap kali usai melakukan perjalanan ke suatu tempat dan pulang saat sore.. :')



7. Teman dan kenalan baru

Kami sering sekali berjumpa dengan orang-orang baru dari berbagai kota yang ramah tamah. Dari yang semula bertemu di tempat wisata, bertukar akun sosmed, kendati kemudian pulang ke kota masing-masing.. kami masih terus berkomunikasi lewat dunia maya. Pernah berjumpa dengan sekelompok mahasiswa Surabaya yang sedang KKN, hingga hari ini pun mereka masih menjadi followers setia di instagram pribadiku 😁 Pernah juga berjumpa tourist luar dari Barcelona dan beberapa negara lainnya. Setiap kali traveling, kami sulit mengambil foto bertiga kecuali menggunakan tripod. Beberapa kali ada yang dengan senang hati menawarkan diri untuk mengabadikan foto keluarga kami.

Hal-hal sederhana yang tiba-tiba terasa begitu berharga ya. Terutama moment quality time bersama orang-orang tersayang. Semua perjalanan selalu memberikan kesan dan makna tersendiri, terlepas apa tujuan dan motivasi di balik itu.

Nah, itu tadi 7 hal yang sepertinya sangat erat dengan traveling dan di masa covid 19 ini menjadi momentum yang patut kita rindukan. Apa kamu juga sama? Atau justru memiliki hal tersendiri yang dirindukan pada tempat-tempat yang pernah dikunjungi selama traveling?

Semoga pandemi lekas berlalu dan bersih total ya. Kehidupan akan kembali normal sebagaimana sebelum covid 19 datang, bahkan akan berjalan lebih baik lagi. Dariku yang tengah merindukan berbagai pengalaman yang didapat dari perjalanan-perjalanan yang pernah ditempuh. Semoga bermanfaat 😊



_____________________


Magelang, 19 Januari 2021

copyright : www.bianglalahijrah.com

4 Komentar

  1. kulineran dan melihat alam dan foto2 itu selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu menyenangkan dan membuat rindu ya, Bund :D terima kasih sudah setia berkunjung ke laman ini hehe

      Hapus
  2. Iya...semoga segera teratasi..salam kenal, aku baru pertama mampir...
    Toss, kangen bisa keluar rumah...ke luar kota tanpa rasa was2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terima kasih sudah berkunjung ke laman ini Mbak :) jangan bosan melipir ke sini yaa. Toasss, semoga pandemi lekas berlalu dan rasa rindu segera terbayar lunas. Aamiin..

      Hapus

Assalamu'alaikum. Terima kasih sudah singgah dan membaca tulisan di Blog saya. Semoga bisa memberikan manfaat. Jangan lupa tinggalkan jejak baik di kolom komentar. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya. Ditunggu kunjungan selanjutnya :)