Gambar berikut tidak memiliki atribut alt; nama berkasnya adalah img_0251.jpg

Kadang kita akan berhadapan dengan situasi tak mengenakkan. Saat semua menjadi serba salah. Ketika masalah justru membuatmu tampak salah walau sebenarnya hanya kesalahpahaman sepele yang dibesar-besarkan orang lain dan kita lah yang ditempatkan sebagai kambing hitam.

Atau, ketika kita merasa tak nyaman dengan sikap orang lain yang hangat dingin begitu saja. Kondisi di mana kita akan menerka-nerka sesuatu yang salah di dalam diri yang barangkali membuat orang lain berbeda. Kendati kadang, kita sama sekali tak berbuat salah. Hanya saja kita memang tak bisa menerka apa isi hati, isi kepala orang lain, tentang diri kita di mata mereka.

Termasuk ketika ada suara sumbang, pesan atau komentar tak layak yang mendarat di salah satu akun media sosial milikmu dengan tudingan prasangka. Tak nyaman? Iya, sama sekali tidak. Tetapi lagi-lagi kita juga tak bisa memfilter mulut dan jemari orang lain untuk sedikit saja berpikir sebelum berkata atau mengetik sesuatu. Kita tak bisa meminta setiap orang menyaring sampah yang ingin mereka keluarkan.

Kita tak punya kontrol apapun atas sikap orang lain yang tak sesuai.

Kita adalah kita yang entah sesuai atau tidak dengan kehendak orang lain, di lain waktu akan tetap ada yang menjadikan kita tak lagi sesuai di mata siapapun.

Kita adalah kita, yang di mata pembenci seterusnya hanya rentetan kesalahan dan kekurangan yang tidak mereka sukai. Entah mengapa.. pembenci lebih memilih untuk meluangkan waktunya mengoreksi kita habis-habisan seolah baginya tak sedikitpun hal baik yang tersisa. Anehnya, sebab pembenci selalu punya cara untuk menaruh prasangka dan sebab angkara ketika kita bahkan diam-diam saja.

Kita tak punya kendali atas mereka yang memilih menumbuhkan dengki dan rasa iri pada dirinya. Sebab bagi orang-orang seperti ini, tak salah saja sengaja dicari letak salahnya. Bahkan ketika engkau sekedar hendak menyapa dan tersenyum ramah, mereka memilih untuk tetap berprasangka.

Dalam hidup, ada banyak sekali hal-hal yang tak sesuai. Orang-orang yang hadirnya menyengaja untuk mengeruhkan suasana hatimu. Masalah yang tak terduga. Kejadian-kejadian yang tak terelakkan, sedang ada kita yang tersudut di dalamnya.

Tak ada yang salah dengan bersikap bodo amat. Ketika kita memilih untuk mengabaikan suara-suara sumbang yang sampai di telinga. Saat kita memilih untuk tidak membaca komentar atau pesan yang jelas-jelas hanya ingin menyakiti dan menyudutkan, lalu tanpa pikir panjang kita memilih untuk tak ambil pusing dengan mengabaikan pesan/komentar itu dan menendangnya langsung ke kotak spam. Selesai sudah.

Kita tak perlu menyeret diri untuk masuk ke perangkap tersebut. Pada akhirnya, terluka dan kecewa hanya mungkin jika kita sendiri yang memberi ruang lebih untuk tersakiti. Kita juga berhak untuk memilih tidak menjadi lemah, rentan, apalagi hanya bisa menangis seorang diri di pojok ruangan saat orang-orang yang membuatmu demikian justru tergelak tanpa rasa bersalah.

Kita memang tak punya kontrol atas perlakuan, sikap, dan ucapan orang lain. Tetapi kita punya kendali atas diri sendiri untuk memilih santuy dan bersikap bodo amat dengan semua itu.

Jika orang lain tak bisa menjaga perasaan diri, maka kita lah yang bertanggung jawab untuk menyaring hal keruh apapun yang tak semestinya dipusingkan terlalu.

Kali ini, tanamkan saja dalam kepala. Bagaimana pun mereka, selama kita tetap menjadi diri sendiri. Tetap menjadi baik dan berbuat baik. Kita tak perlu berubah layaknya bunglon untuk menyesuaikan diri dan hanya agar diterima baik di segala lini maupun komuni.

Karena kita adalah kita, tak peduli sekeras apapun kita berusaha tampil sempurna.. di mata pembenci kita tetaplah duri. Di mata orang yang tak suka kita adalah sesuatu yang salah. Dan, di mata mereka yang memahami kita.. kita adalah sosok yang tetap apa adanya tanpa harus mengadopsi cara mimikri.

~ Bianglala Hijrah

Mari bersikap bodo amat, untuk apapun yang tak seharusnya menguras energi diri :)

______________________

Magelang, 10 April 2020. To remind my self. Semoga bermanfaat..

______________________

Disalin ulang dari postingan yang ada di akun Wordpress milikku ^^

0 Komentar