Keinginan itu kadang sama halnya seperti jodoh dan rezeki yang telah ditentukan oleh Allah. Di antara sekian banyak keinginan dan harapan, tetap saja Allah-lah yang lebih tahu mana yang terbaik untukmu. Allah yang lebih tahu apa yang benar-benar sesuai denganmu. Allah pula yang menentukan apakah akan terwujud atau tidak.

Meski sekuat apapun kita menggenggam suatu hal, jika Allah berkehendak lain maka pada akhirnya akan tetap lepas dari genggaman. Sekeras apapun kita berusaha untuk meraih sesuatu, jika Allah mentetapkan jalan lain maka tak akan pernah sampai.

Kadang segala sesuatu mungkin tak berjalan sesuai kehendak. Tetapi kadang-kadang justru berjalan lebih baik dari apa yang telah kita rencanakan sendiri. Barangkali begitulah Allah menciptakan sekenarionya.

Ada kegagalan yang akan membuatmu jatuh tanpa harapan, tetapi kemudian ada pelajaran yang menuntunmu untuk melangkah lebih baik.

Ada kesedihan yang membuatmu putus asa tetapi justru melahirkan kekuatan yang lebih besar dari sebelumnya.

Ada luka yang membuatmu berhenti tertawa tetapi justru memberimu pengalaman berharga tentang makna berhati-hati.

Ada banyak hal di dunia ini yang bisa berjalan di luar rencana. Tetapi ternyata jauh lebih baik dari rencana yang kita susun.

Karena ternyata Allah hanya merubah jalan ceritanya. Jalan yang pernah kita buat semulus mungkin, kemudian Allah ganti dengan lika-liku yang penuh kelok, terjal berduri, bahkan engkau harus merasakan sakit sesekali.

Tetapi siapa yang tahu, dengan jalan seperti itulah kita ditempa untuk menjadi lebih kuat. Lebih tahan dengan segala macam kesulitan dan rasa sakit.

Dengan jalan seperti itulah kita mengerti tentang arti perjuangan hingga meraih sesuatu dengan limpahan rasa syukur serta bahagia tak terkira.

Dengan jalan itulah kita belajar untuk menghargai apa yang dimiliki. Sebab untuk memperolehnya saja bukanlah suatu hal mudah.

Hanya dengan jalan itu kita bisa mengerti, bahwa hidup yang kadang kita khawatirkan ini sudah dirancang sedemikian baik oleh-Nya. Ketakutan-ketakutan yang tak pasti, harapan-harapan yang tinggi.. terkadang memang tak berjalan sesuai rencana. Tetapi pada akhirnya Allah tetap memberimu hal baik lebih dari yang kau harapkan.

Atau terkadang justru terwujud di waktu tiba-tiba dengan cara tak terduga. Who know's? 

Sungguh ada yang lebih berharga dari sekedar pencapaian yang bisa kau raih. Yaitu sejarah, pengalaman, kenangan, tentang proses jatuh bangunmu sendiri sebelum sampai pada puncak cita-cita yang diimpikan.

Karena pada akhirnya, yang terpenting bukanlah seberapa bagus yang bisa kita capai. Tetapi sebaik apa kita berproses di baliknya. Proses itulah yang membuatmu menghargai sebuah keputusan, berhati-hati dalam menentukan pilihan, dan tak mudah menyerah dalam setiap keadaan.

Proses adalah inti dari perjalanan kita yang sebenarnya. 'Proses' itulah yang menghadiahimu keberhasilan. Apa yang kita dapatkan setelahnya hanya bonus dari tahap-tahap ujian yang mampu dilewati.

Maka sesulit apapun kenyataan yang tengah kau hadapi saat ini.. tetap optimis dan berprasangka baik pada Allah. Barangkali Allah hanya memberimu jalan lain meski mungkin memunggungi kehendakmu. Jalan yang lebih baik untukmu. Jalan yang lebih kau butuhkan.

Kelak, setiap 'kita' yang berjalan pada jalan yang [tadinya] tak sesuai dengan keinginan, suatu saat akan mengerti tentang rencana indah yang telah Allah selipkan di balik itu semua. Insyaa Allah.

Because our plan and Allah plans. Surely, Allah is the best planners (Al-Qur'an 8:30)

~ Fabiayyi 'alaa-i Rabbikuma Tukadzhiban, Just a reflection for my self
Magelang, 1 Agustus
Copyright : @bianglalahijrah_

0 Komentar