Film Inspiratif Backpacker untuk Keliling Dunia -

Lahir dari keluarga yang tak memberi ruang kebebasan menjadi tantangan tersendiri. Setiap inchi langkah yang beranjak dari pintu rumah hanya akan menghadiahimu dengan sederet omelan bahkan tudingan. Ah ya, begitulah anak perempuan. Karenanya sejak dulu, menjelajah dan memiliki petualangan sendiri adalah satu di antara impian besar yang dimiliki.

Tak tanggung-tanggung, aku menulis bucket list untuk negara-negara mana saja yang ingin dikunjungi suatu hari nanti. Kendati saat itu hanya bermodalkan atlas dengan mencentang nama-nama negara tersebut. Tetapi bertahun-tahun kemudian, ketika era digital menyuguhkan banyak hal yang mudah. Termasuk informasi apa saja yang ingin kamu ketahui, rasa-rasanya negara yang menjadi tujuan ini bukan lagi halusinasi dari bocah ingusan, yang membayangkan wajah luar negeri dalam bayangannya saja.

Terlebih ketika menonton beberapa film yang menceritakan tentang perjalanan, petualangan, menjelajah ke tempat-tempat baru. Keinginan untuk backpacker pun acap kali tak terbendung. Tak heran jika keputusan meninggalkan tanah kelahiran dan menetap di tanah Jawa adalah satu langkah besar untuk menjemput impian besar tersebut.

Dan, aku sudah sampai di sini. Tepat di sebuah kota, di mana Candi Borobudur berdiri di atasnya. Dulu sekali, situs sejarah ini masih menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia sebelum akhirnya digantikan. Candi Borobudur sendiri adalah satu di antara destinasi dari keajaiban dunia yang dulu pernah terucap dalam doa. Tak ada yang tahu nasib seseorang bukan? Sebuah harapan yang tertulis dari bocah ingusan itu adalah doa yang terijabah beberapa tahun kemudian.

Bersama suami, kami memiliki keinginan yang sama soal traveling. Kendati hingga hari ini destinasi yang disambangi masih terbilang wisata lokal dari satu kota ke kota lain. Tetapi itu saja sudah menjadi pencapaian yang perlu disyukuri. Kadang kala, Allah bahkan begitu baik membuka jalan demi jalan.. hingga berkunjung ke tempat baru lainnya bukan hanya kebetulan belaka, melainkan pencapaian. Satu lagi tempat yang berhasil dikunjungi.

Berangkat dari beberapa film di bawah ini yang membuat impian itu terus bersenandung. Semoga apa yang tertulis di sini, dalam waktu dekat akan menjadi doa-doa yang terijabah. Mengutip tagline yang terkenal dari film The Bucket List : 'You Only Live Once, So Why Not Die With Style?"

Jika diterjemahkan dalam versi pribadi, hidup di dunia hanya sekali jadi di antara banyak pencapaian dalam impian yang ingin diraih, milikilah ruang untuk menikmati hidup. Bepergian, menempuh perjalanan, berpetualang, mengenal hal-hal baru, beroleh teman-teman baru, berbonus ilmu tentu saja.

Ini beberapa judul film yang hingga hari ini tak bosan-bosan ditonton. Ada banyak pesan hidup yang akan kamu peroleh, bukan saja pemandangan alam yang tersuguh indah, tetapi esensi dari setiap perjalanan yang kemudian menghantarmu untuk memahami makna dari sisi lain kehidupan. Tentang perjalanan, cinta, pemahaman, ilham, pengalaman, bahkan tentang menemukan Tuhan.

Sederet di antaranya :

1. The Lord of The Rings



View Edoras di Mount Sunday

New Zealand menjadi lokasi syuting untuk banyak adegan di film ini. Dari Wakatipu Lake di Queenstown, Hobbiton, Mount Sunday, hingga Kaitoke Regional Park.

Film ini bercerita tentang petualangan Frodo Baggins yang beroleh tugas untuk menghancurkan cincin milik Sauron, penguasa kegelapan yang kembali bangkit, dengan jalan dibuang ke dalam kawah gunung Doom. Misi ini membawa Frodo pada perjalanan yang tak mudah, penuh tantangan, ditemani oleh sahabatnya bernama Samwise Gamgee, demi menyelamatkan Middle Earth dari kegelapan ambisi Sauron.

Intinya New Zealand sudah memiliki daya tarik tersendiri, terlepas dari The Lord of The Rings yang menjadikannya lokasi syuting dalam film trilogi garapan sutradara Peter Jackson ini.


2. The Secret Life of Walter Mitty




"To see the world, things dangerous to come to, to see behind walls, draw closer, to find each other, and to feel. That is the purpose of life."

Tulisan yang dicetak di sebuah dompet pemberian Sean seorang fotografer untuk Walter. Karena dompet pemberian Sean itu beserta kecerobohan seorang Walter lah yang kemudian menghantarnya untuk melaui perjalanan yang seumur hidup belum pernah ia lakukan. Perjalanan dimulai dari Greenland, berlanjut ke Islandia, hingga kemudian Walter sampai di Himalaya. Menyusul Sean yang saat itu berada di puncak gunung Himalaya untuk mengambil gambar Harimau Salju.

Pemandangan yang tersuguh di sepanjang perjalanan Walter, sampai pada soundtracknya, akan membuatmu berpikir melakukan perjalanan serupa. Penuh petualangan, ketegangan, pemandangan alam yang mempesona, beserta menemui orang-orang baru. Namun ada yang lebih bermakna bagi Walter yang ia dapatkan setelah menempuh perjalanan tersebut. Penasaran?


3. The Wild




"We are never prepared for what we expect."

Film ini bercerita tentang Cheryl Strayed yang menempuh perjalanan sejauh lebih dari 1000 mil untuk melintasi Gurun Mojave membawa seluruh memoar pengalaman pahit hidupnya beserta kenangan kasih sayang sang ibu. Cheryl yang terpukul pasca kehilangan sang ibu membuatnya hilang arah dan kecanduan narkoba.

Selama di perjalanan 1000 mil Cheryl, kita disuguhkan dengan slide memoar tentang perjalanan hidup Cheryl hingga pernikahannya yang kandas. Perjalanan itu bisa dikatakan sebagai penebusan sekaligus pencapaian bagi seorang Cheryl yang kemudian menemukan makna sejati dari inti perjalanannya itu.

Film ini diangkat dari kisah nyata yang diilhami langsung oleh penulis bukunya, yaitu Cheryl Strayed sendiri. Diperankan dengan apik oleh aktris Reese Witherspoon.

Selalu ada yang bermakna di setiap perjalanan. Entah perjalanan itu yang merubahmu, atau karena kamu sendiri telah menyadari sesuatu hal penting dalam hidup. Film ini menyentuh, menyakitkan, sekaligus menginspirasi. Monolog Cheryl di akhir film akan membuatmu menatap relung di dalam diri, untuk menemukan tujuan apa yang lebih berarti.

4. Letters To Juliet




Perjalanan Sophie Hall ke Italia, telah menuntunnya pada penyatuan cinta sejati yang terpisah selama puluhan tahun. Tanpa sengaja ia bergabung sebagai "sekretaris Juliet" bersama beberapa wanita lainnya. Sophie membalas surat lawas yang ia temukan di tembok rumah Juliet. Karena hal itu, Claire si pemilik surat datang ke Italia untuk menemui belahan hatinya, Lorenzo.

Tetapi kemudian tak hanya Claire yang berhasil menemukan Lorenzo Bartolini setelah melakukan pencarian di setiap sudut Italia. Hingga akhirnya menikah di usia yang tak lagi muda. Perjalanan yang mereka tempuh juga menuntun Sophie pada cinta sejatinya. Sophie yang memang berniat menjadi penulis, pada akhirnya mengangkat kisah Claire dan Lorenzo ke dalam buku yang ia tulis kemudian.

Tak hanya keindahan kota Italia yang menarik mata, untuk mendambakan satu lagi tempat yang ingin dituju, Italia! Pengalaman sejati yang Sophie peroleh dari perjalanan singkatnya akan memberikanmu kesan lain tersendiri. Tonton saja.

5. Mr. Bean's Holiday




Ada yang tak mengenal Mr. Bean? Karakter konyol, koplak, yang diperankan oleh Rowan Atkinson.

Bermula dari memenangkan sebuah undian berupa jalan-jalan ke Cannes, kamera video Sonny beserta uang 2000 Euro. Mr. Bean pun memulai perjalanannya. Bukan Mr. Bean jika tak membuatmu tertawa lepas sekaligus gemas.

Tetapi selain itu, setiap sudut yang tersuguh dalam film ini terasa menyejukkan. Membuatmu ingin masuk dan menikmati view yang ada dari jarak dekat. Walau tak lepas dari aksi konyol Rowan, film ini sukses bikin baper para traveler.

Mr. Bean saja piknik ya kan :D Maka, kota Paris di Perancis pun menjadi satu tempat yang masuk ke bucket list. Mengingat Menara Eiffelnya akan menambah daftar di antara 7 keajaiban dunia yang ingin dikunjungi setelah Candi Borobudur di Indonesia. Sudah nonton belum nih? Nonton gih, menghibur meski belum berlibur :D

6. One Week




Mengisahkan seorang guru yakni Ben Tyler yang berpetualang dengan motornya dari Toronto ke British Columbia. Kita akan langsung disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan.

Ketika satu keputusan besar dalam hidup menuntunmu untuk menemukan sebuah perjalanan yang penuh arti. Ben sendiri melakukan perjalanan ketika harus mengambil keputusan besar untuk menikah. Film ini tak hanya menceritakan tentang pengalaman seseorang, tetapi juga menginspirasi. Jadi pengen ke sana kan ^_^

7. The Bucket List




Dua lansia Edward dan Carter yang dihadapkan pada kenyataan bahwa hidup mereka tidak akan lama lagi. Ya, keduanya divonis mengidap penyakit kanker.

Tak putus asa, mereka pun akhirnya menulis daftar keinginan terakhir yang paling ingin mereka wujudkan. Dari traveling, melihat Piramida, sampai datang ke klub malam. Petualangan mereka dikemas dalam liburan seru dua lansia.

Film ini memberi pesan untuk tidak lupa menikmati hidup, sebelum hidup menghabisimu lebih dulu. Jadi, sudah punya agenda ke mana?

8. 127 Hours




Film inspiratif yang diangkat dari kisah nyata tentang Aron Ralston. Seorang pendaki yang terjebak di dalam ceruk tebing Blue John Canyon setinggi 65 kaki. Ia terjebak selama 127 jam lamanya dengan lengan kanan yang terjepit batu seberat 360 kg.

Keadaan semakin buruk ketika persediaan logistik yang ia bawa habis. Suhu dingin di malam hari membuatnya berhalusinasi. Di detik-detik terakhir, dengan pergumulan antara rasa sakit serta emosional yang mendera. Aron memutuskan untuk memotong sendiri lengan kanannya menggunakan alat multifungsi Leatherman miliknya.

Bagaimanapun akhir yang dramatis, film ini memberi pesan untuk tetap memikirkan kemungkinan yang terjadi di luar perkiraan. Jangan lupa mengabari orang-orang terdekat, meski tripmu terbilang singkat. Teliti lah dalam mengecek peralatan atau bekal yang akan dibawa sebelum berangkat.

Dari kisah Aron yang berjuang demi bertahan hidup, film ini memanjakan mata dengan landskap Grand Canyon yang akan menarik keinginanmu untuk terbang ke sana.

9. Tracks




"The two immportants thing that i did learn were that you are as powerful and strong as you allow yourself to be, and that the most difficult part of any endeavour is taking the first step, making the first decision." [Robyn Davidson, Tracks]

Film yang bercerita tentang seorang trekker perempuan tangguh, Robyn Davidson. Menyusuri 2.735 km perjalanan dari gurun pasir Alice Springs ke Samudera Hindia ditemani empat ekor unta dan seekor anjing selama 9 bulan.

Menyajikan landscape yang cantik dari gurun pasir Australia dan pantai Samudera Hindia. Film ini juga menyuguhkan sekilas adat budaya suku Aborigin. Film yang menginspirasi kamu untuk setangguh Robyn Davidson. Bahwasanya traveling juga bisa menjadi media self healing untuk membantumu sembuh dari bayang-bayang masa lalu. Selain have fun kamu juga beroleh banyak pengalaman baru.

10. Haji Backpacker




Film yang terakhir datang dari industri film dalam negeri. Setelah menonton film ini, yang muncul di benak adalah kehendak melakukan trip serupa. Film ini lebih pada perjalanan spiritual Mada si tokoh utama untuk kembali pada jalan yang benar.

Haji Backpacker akan membawa kita berpindah dari satu negara ke negara lainnya sebelum akhirnya berakhir di Makkah.

Bersama Mada memulai perjalanan dari Indonesia - Thailand - Vietnam - China - India - Tibet - Nepal - Iran - Saudi Arabia. Hanya dengan menonton film ini, backpacker sejati seperti tertantang untuk segera mengemas tas carrier dan menempuh perjalanan yang tak biasa.

Mengapa film ini kutaruh di urutan paling terakhir dari list yang kutulis? Sebagai pengingat diri, bahwa sejauh apapun perjalanan yang hendak dituju. Seindah apapun destinasi yang didamba di negara tujuan. Rumah Allah adalah tujuan hakiki yang sejatinya terpatri dalam dada setiap muslim. Kelak, di antara semua destinasi maupun negara yang akan dikunjungi.. maka Makkah adalah puncaknya.

Semoga Allah perkenankan, mampukan, segerakan, dan mudahkan. Aamiin yaa mujibassailin :)
_______________________

Magelang, 15 Oktober 2019
Copyright : @bianglalahijrah

16 Komentar

  1. Inspiratif sekali, Kak. Pingin bisa travelling lagi, minimal bisa mengenalkan keindahan lokal. Semoga suami mengizinkan. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Wisata lokal di daerah masing-masing wajib banget dieksplore dan diekspose agar meningkatkan peluang pariwisata setempat untuk semakin maju dan berkembang lebih baik lagi. Semoga diizinin ya, apalagi kalau bisa traveling bareng suami. Menyenangkan dong tentunya :)
      thanks for blogwalking

      Hapus
  2. Wah, ternyata banyak ya film soal traveling yang belum kutonton kalau berkaca dari list di sini. :D Bdw, film favoritku The Lord of The Rings. Sampai kepingin banget ke negara tempat syutingnya yakni Selandia Baru. Tapi harga tiketnya mahaaaal.... Saya juga ikut grup backpacker international, dan pernah ada yang kasih info soal cara murah ke NZ. Tetap aja mehong. Kuncinya menabung sih. Ahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay, toas dulu dong sesama pecinta The Lord of The Rings. Mari menabung, kelak bisa backpacker bareng buat ke Selandia Baru. Semoga kita dimudahkan ya. Sampai jumpa di New Zealand. Aamiin aamiin :D thanks for blogwalking

      Hapus
  3. Backpacker memang selalu menyenangkan. Apalagi sampai pada destinasi favorit yang memang masuk dalam list yang ingin dikunjungi. Pasti luar biasa bahagianya.Ada tambahan nih, film yang juga menyajikan seting tempat yang luar biasa indahnya: The Sound of Music, Before Sunrise, A Good Year.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, thanks for blogwalking Mas :D
      Pengennya sih semua judul film yang pernah ditonton diangkut ke postingan ini, tapi 10 saja sudah cukup panjang. Insyaa Allah judul-judul lainnya akan jadi kelanjutan di postingan yang selanjutnya. Terima kasih sarannya ya ^^

      Hapus
  4. sbnrnya aku jarang terinspirasi dari film2 yg justru menyuguhkan kecantikan suatu destinasi.. aku hobi traveling, tp aku lbh suka dtg ke tempat2 ga biasa dan ekstreme kalo bisa :D. makanya film2 yg cerita soal perjalanan, kecantikan suatu tempat, aku ga terlalu tertarik.

    tapiiiii film yg menceritakan destinasi seram, kejadian seram di suatu tempat, naaaah itu aku tertarik utk datangin mba :D. cthnya yaaa, film Hotel Mumbay yg cerita ttg hotel yg dibajak oleh teroris, banyak jatuh korban terbunuh, itu aku masukin dlm list suatu saat harus nginep di hotelnya :D. ato Film tentang kekejaman nazi di poland, aku masukin dlm bucket list saking pgnnya liat lgs museum tempat pembantaiannya... yg begitu2 lbh menarik buatku :D. naikin adrenalin juga soalnya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah buat yang suka film-film pemicu adrenalin, Sanctum bisa jadi tontonan yang rekomendet juga. Aku pernah nonton film Indonesia yang buatku itu bagus banget, judulnya Ekspedisi Madewa mungkin bisa ditonton juga. Banyak banget list yang belum dibuat, secara aku pecinta movie. Di hardisk koleksi film mungkin udah nyampe seribu'an :D Next post ditunggu yaa, bakal dibuatin list khusus buat pecinta adrenalin ;) thanks for blogwalking

      Hapus
  5. Bagus bangus banget rekomendasinya, banyak yg belum aku tau kayak Wild, Letters to Juliet, One Week, keren keren semua. Auto nonton malem ini heheh. Aku tambahin boleh? Into the Wild, The Darjeeling Express, Everest, sama Sisterhood of the Traveling Pants 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen masukin Into the Wild sama Everest tapi karena tokohnya berakhir tragis semua akhirnya nggak jadi. List di atas khusus petualang sejati yang tetap bertahan hidup pada akhirnya. Biar happy ending :D Btw, makasih untuk tambahannya ya. Thanks for blogwalking, auto nonton The Darjeeling Express ^^

      Hapus
  6. yang terakhir aku penasaran banget. pengen juga kayak gitu :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yaa mujiibu, insyaa Allah bisa :) setiap kita menunggu undangan dari Allah, semoga dimampukan dan disegerakan. Aamiin.

      Hapus
  7. Wahh hampir semuanya sudah pernah kami tonton. Secret Life of Walter Mitty membuat kami tergila-gila dengan Greenland. Tracks dan Wild sukses membuat kami pengen keluar dari zona nyaman ditambah Haji Backpacker yang menyulut semangat muda kami untuk melakukan perjalanan suci melalui jalur darat menuju tanah suci...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pecinta movie juga nih kayaknya. Btw, thanks for blogwalking.

      Hapus
  8. Lanjutkan! Ditunggu list film lainnya :)

    BalasHapus

Assalamu'alaikum. Terima kasih sudah singgah dan membaca tulisan di Blog saya. Semoga bisa memberikan manfaat. Jangan lupa tinggalkan jejak baik di kolom komentar. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya. Ditunggu kunjungan selanjutnya :)