“Maka apabila kamu telah selesai dari satu urusan maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain.” (QS. Al Insyirah: 7)

Bismillah. Tarik nafas. Hembuskan :) Alhamdulillah bisa bernafas lebih lapang sekarang. Proyek naskah yang tengah digarap telah on the way ke penerbitnya. Ikhtiar sudah, berdoa always insyaa Allah, hasil akhir pasrahkan kepada Allah. Sang Maha Penentu segalanya. Tinggal pasang prasangka baik dalam dada, Allah akan memberikan hasil terbaik sesuai yang diharap nantinya. Semoga naskah ini berjodoh dengan penerbit yang dituju. Aamiin yaa mujibassailin. Allahumma Aamiin *doanyatulus bantu aminin yaa ^^

Agak nekad memang, ketika mahasiswa yang lain sedang fokus dengan pengerjaan skripsi yang ditargetkan harus selesai dalam kurun waktu kurang beberapa bulan lagi, aku justru menyalip diri dengan ngebut pengerjaan naskah. Tadinya dilema, karena proyek naskah ini sudah direncanakan dari jauh hari tetapi sempat terkendala fokus kuliah untuk sementara. Anehnya, ide kembali mengalir lancar justru ketika sedang dipusingkan oleh skripsi. Berkali-kali mendapat pertanyaan sama dari murabbi, "Gimana skripsinya? Udah sampai mana?"

Cuma bisa jawab dengan nyengir kuda. But, ini keputusan yang telah diambil matang-matang. Sebelum masuk kuliah, gagasan mengenai naskah yang saat itu sudah setengah jadi harus dikesampingkan. Jadi sekarang, anggaplah posisinya gantian. Naskah ini juga satu dari prioritas pada 2019. Taruhannya adalah pengerjaan skripsi itu sendiri yang dari kemarin maju mundur. Finally, brainstorming dari naskah sebelumnya kuabaikan begitu saja. Karena kayaknya udah nggak sinkron lagi. Jadi aku menulis sesuai kerangka yang sudah ada di kepala. Ngerjain dari awal lagi, buka draft baru lagi. Alhamdulillah, cara ini cukup efektif. Tetapi mungkin nggak akan bekerja di semua orang. Karena yang paling mudah, tentu saja menulis setelah membuat rangkuman berisi kerangka tulisan itu sendiri. Untuk apa? Jaga-jaga kalau kamu nulisnya nggak konsisten malah out of the topic. Parahnya, kalau nulis malah kayak lagi bikin skrip sinetron yang tayang nggak kelar-kelar :'D

Rasanya lega, setelah ini bisa fokus ke plan maupun target selanjutnya. Biar bagaimanapun, otak nggak bisa dipaksa bekerja untuk beberapa hal sekaligus dalam waktu bersamaan. Jadi aku mengukur diri, mana yang kira-kira bisa selesai lebih dulu. Baru setelahnya tetap akan menyelesaikan yang lain, one by one.

Teringat pertanyaan seorang teman yang terkesan salut ketika seorang ibu muda, aktif menulis, tetapi juga nyambi kuliah. Terlihat begitu seirama dalam peran yang dilakoni. Kadang jadi suka malu sama diri sendiri. Beneran, aku jadi perlu berkaca lagi. Karena faktanya semua yang dilakoni di dunia nyata tak semulus yang tampak di permukaan. Tak sebaik yang dilihat sekilas. Kesannya sih wah ya? Keren! Hebat! Gerry salut! Honestly, semua tidaklah seindah/seapik/seciamik itu :')

Lagi nyubit diri sendiri nih. Biar lebih baik lagi, jadi nggak ngerasa dosa kalau orang lain ekspektasinya ke kita udah 'wah' lah kitanya bergerak di bawah rata-rata.

Tapi kalau boleh jujur, mungkin perasaan nggak mudah, sulit, capek, lelah, jenuh, dkk. Hanya alasan buat diri sendiri. Banyak di luar sana yang jam terbangnya lebih padat, terbukti mereka bisa memanfaatkan waktu tak hanya karena slogan "time is money". Tetapi lebih pada "time is ibadah". Memanfaatkan waktu yang ada lewat peran apapun yang dijalani sebagai sarana untuk beribadah, dakwah, dan menebar kebermanfaatan diri. Jleb!

Ahh, malu pokoknya sama diri sendiri. Betapa pujian itu juga berarti ujian di waktu bersamaan. Ya karena itu juga bakal dipertanggungjawabin di akhirat. Semoga saja prasangka baik orang lain menjadi doa bagi diri. Juga mau berterima kasih kepada teman-teman yang telah berprasangka baik, insyaa Allah kebaikan itu kembali ke diri kalian. Secara nggak langsung, kalian kontribusi bikin aku berkaca diri sewaktu-waktu. Seperti sekarang nih. Doakan ya, semoga bisa istiomah. Bisa terus balance ngerjain perkara dunia dan akhirat juga. Bisa jadi lebih baik lagi. Aamiin insyaa Allah.

Sesuai judul postingan malam ini, setelah selesai dari satu pekerjaan maka harus menyegerakan diri untuk mengerjakan hal lain yang tak kalah penting. Juga dalam rangka untuk memperkecil kemungkinan diri berkesempatan mengerjakan hal yang un-faedah.

Kalau ngintip list, tak hanya ada skripsi tetapi juga beberapa naskah tulisan masih menunggu untuk diselesaikan. Berikut daftar judul buku yang menjadi target khatam tahun ini. Minta doanya dengan tulus, semoga Allah beri kemudahan dalam tiap niat dan langkah. Semoga bisa menyelesaikan semuanya dengan baik. Semoga niatnya juga tetap Lillah, Lillah dan Lillah. Insyaa Allah.

Nb : Doakan naskahku berhasil ya. Barangkali, setelah terbit nanti buku ini juga akan sampai di tanganmu. Aamiin insyaa Allah. Terima kasih sudah singgah dan membaca curcolan ini ^_^

Selamat malam.

________________________

copyright : @bianglalahijrah
Magelang, 17 Maret 2019
[Image source : Mother Nature]

12 Komentar

  1. semoga sukses selalu dan penuh semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Yaa Rabb, Yaa Mujiibassailin. Alhamdulillah, terima kasih doanya :)

      Hapus
  2. Wah naskah apa ini mbak...kok kayaknya seru banget...tapi skripsi itu memang ga seru...he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk, skripsi or skripsweet. Maju tak gentar tetepan :'D
      Terima kasih sudah berkunjung dan tinggalkan jejak ^^

      Hapus
  3. Terus semangat kak, ketika kita sudah berusaha dan ngga tahu nanti hasilnya seperti apa dan hanya bisa ikhtiar.
    Mampir juga ke ragamfootball.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp, terima kasih sudah berkunjung dan tinggalkan jejak..

      Hapus
  4. Intinya perjunagan tidak akan menghianati hasail.postingannya sangat menginspirasi.
    salam kunjungan balik www.teknologivirals.online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terima kasih. Saya sudah BW ke blognya ya :)

      Hapus
  5. hasil setelah berjuang, baik manis maupun pahit pasti tetap terasa enak, kadang juga senyum-senyum sendiri ngeliat hasil yang diperoleh dari berjuang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iyaa, tetapi Allah tak pernah ingkar. Siapa yang bersungguh-sungguh, ia akan berhasil. Insyaa Allah. Terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  6. keren kak, jangan lupa berkunjung ke http://duduksantaijo.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Terima kasih, saya sudah BW balik. Keren blognya, kak :)

    BalasHapus

Assalamu'alaikum. Terima kasih sudah singgah dan membaca tulisan di Blog saya. Semoga bisa memberikan manfaat. Jangan lupa tinggalkan jejak baik di kolom komentar. Mohon untuk tidak meninggalkan link hidup ya. Ditunggu kunjungan selanjutnya :)