"Fabiayyi Ala irobbikuma Tukadzibaan.." Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?"

Lagi-lagi tentang Ar-Rahman, surah yang senantiasa mengingatkan diri untuk menjadi hamba yang bersyukur. Betapa banyak nikmat yang Ia beri dan tak juga disadari diri. Justru sikap mengeluhlah yang kerap ada saat masalah menyentil kesabaran. Mengeluh tentang banyaknya hal yang tak sesuai dengan keinginan, juga tak sabar menjalani peran sebagai pelakon skenario yang telah Allah susun sedemikian indah untuk tiap hambaNya. 

Pagi ini ada bahagia dan haru yang menyeruak lembut tatkala menghitung detil nikmat yang tak semuanya mampu kuhitung. Betapa skenario Allah memang tak pernah salah. Allah hadirkan masalah, ujian, kesedihan, karena Ia yakin bahwasanya diri mampu mengemban itu semua. Bahwasanya ia menginginkan diri untuk bermuhasabah dan belajar dari pelajaran yang telah terbentang di kehidupan. Lagi, aku teringat pada ucapan seseorang...

"Tak ada yang salah pada takdir Allah, hanya kitalah yang tak dapat membaca hikmah dari setiap kejadian yang Ia timpakan."

Kalimat yang sering membakar semangatku agar tak terpuruk dan menyalahi takdir Allah. Begitu aku sadar, lagi-lagi skenarioNya benar-benar membuatku diam dan berpikir.. begitulah cara Allah mengabulkan seluruh harap, doa, dan usaha yang telah kita kerahkan. Allah mengajari kita untuk kuat dari setiap masalah yang Ia berikan. Allah mengajari kita untuk jadi hamba yang peka bahwasanya Ia lebih tahu apa yang terbaik dan kita tak perlu khawatir. Allah mengabulkan impian kita memang tak melalui jalan mudah tanpa aral, Ia mengabulkannya setelah banyak ujian dan kesedihan yang menghujam langkah. Tetapi Ia memberi kekuatan lebih untuk mampu, hingga jalan kemudahan itu benar-benar terbuka melalui pembelajaran dan keagungan rencana-Nya. Allah hadirkan hujan setelah kemarau, Allah hadirkan pelangi setelah rinai airmata langit menyentuh lekukan bumi. 

Dan... Allah Maha Tahu. Pada akhirnya kita benar-benar dapat mengerti keindahan dari rencana-Nya setelah berhasil melewati banyak kesulitan dan Allah kabulkan impian kita. Begitulah cara-Nya mengabulkan doa dan usaha kita. Bahwasanya tak ada yang sia-sia dan Allah tahu yang terbaik bagi kita.

Selamat pagi, sahabat. Semoga postingan kali ini menginspirasi untuk siapapun yang membacanya. Jazakumullah khair.. :)

0 Komentar